Wednesday, February 4, 2015

Sistem Jaringan Komputer

Standard
Gambar 1. Konsep Jaringan Komputer
Dalam salah satu artikel pada situs jaringankomputer.org disebutkan bahwa pengertian jaringan dalam ilmu komunikasi didefinisikan sebagai pelaksanaan proses komunikasi dalam komunitas atau beberapa komunitas yang berbeda. Setiap komunitas terdiri atas elemen pembentuknya yang saling berhubungan satu sama lain dan membentuk satu kesatuan utuh yang terikat melalui suatu jaringan.

Jaringan komputer adalah kumpulan komputer dan perangkat jaringan yang terhubung satu sama lain untuk bisa berkomunikasi antara suatu komputer dengan komputer lainnya.
Sistem jaringan komputer memiliki lima komponen utama, yaitu:

1. Komputer (PC)
Gambar 2. Komputer
Komputer (PC) adalah perangkat elektronik yang dapat menerima inputan, memproses inputan tersebut, dan memberikan output dari hasil prosesnya. Komponen utama sebuah komputer adalah motherboard, karena di motherboard itulah sebagian besar komponen-komponen penting sebuah komputer tertanam. Sedangkan komponen utama dari motherboard itu sendiri adalah chipset, yaitu sebuah chip yang berfungsi mengatur aliran data pada motherboard.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
2. Network Interface Card (NIC)

Network Interface Card adalah card penghubung PC dengan jaringan, sehingga memungkinkan komputer kita terkoneksi ke sebuah jaringan komputer. Bentuk yang paling umum dari NIC adalah ethernet, yaitu metode yang sangat cepat dalam mentranfer data antara komputer. NIC memungkinkan sebuah komputer untuk memberi dan mengambil informasi dari komputer lain yang ada di jaringan yang sama, dimana jaringan tersebut dapat berupa Internet atau pun Local Area Network (LAN). Sebuah LAN merupakan jaringan tertutup yang terhubung melalui beberapa NIC dan hub, yang biasanya tidak terhubung ke dunia luar atau Internet.

Pada NIC ini, juga dilengkapi dengan memori, serta prosesor khusus untuk pengolahan data dalam proses tranfer data, sehingga tidak membebani CPU dala proses tersebut. Adapter ini menggunakan slot 16 bit (slot ISA) serta 32bit (slot PCI) untuk tranfer data. Agar dapat digunakan, semua NIC harus memiliki device driver untuk setiap sistem operasi. Device driver ini dapat diperoleh dari pembuat sistem operasi maupun dari pembuat NIC itu sendiri
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
3. Media Transmisi
Media transmisi adalah media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi (data), karena jarak yang jauh, maka data terlebih dahulu diubah menjadi kode/isyarat, dan isyarat inilah yang akan dimanipulasi dengan berbagai macam cara untuk diubah kembali menjadi data.

Jenis media transmisi ada dua, yaitu Guided dan Unguided. Guided transmission media atau media transmisi terpandu merupakan jaringan yang menggunakan sistem kabel. Unguided transmission media atau media transmisi tidak terpandu merupakan jaringan yang menggunakan sistem gelombang.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
4. Network Device
Untuk penjelasan mengenai network device (perangkat jaringan) dapat dilihat di postingan saya sebelumnya. Klik aja DISINI.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
5. Network Operating System (NOS)
Menurut Wikipedia, Network Operating System atau dalam bahasa Indonesianya Sistem Operasi Jaringan adalah sebuah jenis sistem operasi yang ditujukan untuk menangani jaringan. Umumnya, sistem operasi ini terdiri atas banyak layanan atau service yang ditujukan untuk melayani pengguna, seperti layanan berbagi berkas (file sharing), layanan berbagi alat pencetak (printer sharing), DNS Service, HTTP Service, dan lain sebagainya.
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

*...


0 komentar: