Friday, April 17, 2015

Pengertian dan Contoh Aplikasi Steganografi

Standard

Pengertian dan Contoh Aplikasi Steganografi

Steganografi
Sebelum membahas tentang contoh aplikasi steganografi, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu pengertian dari steganografi itu sendiri.

Steganografi

Steganografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu Steganos yang berati "tersembunyi" dan Graphein yang berarti "menulis". Jadi, steganografi secara harfiah berarti menulis tersembunyi/tertutup. Tujuannya adalah untuk menyembunyikan fakta bahwa komunikasi berlangsung. Hal ini sering dicapai dengan menggunakan file cover (yang ukurannya agak besar) dan embedding (menempelkan) pesan rahasia (yang ukurannya agak lebih pendek) ke dalam file ini. Hasilnya adalah file tersebut tampak  tidak berubah (file stego), padahal file tersebut telah berisi pesan rahasia.

Definisi lain, steganografi adalah suatu ilmu menyembunyikan teks pada media lain yang telah ada sedemikian sehingga teks yang tersembunyi menyatu dengan media itu (Rifki Sadikin, 2012). Media yang dimaksud dapat berupa teks, gambar, audio maupun video. Steganografi yang kuat memiliki sifat media yang telah tertanam teks tersembunyi sulit dibedakan dengan media asli namun teks tersembunyi tetap dapat diekstraksi.

Aplikasi Steghide

Setelah browsing cukup lama, akhirnya saya menemukan salah satu contoh aplikasi steganografi, yaitu Steghide. Steghide merupakan salah satu program yang mengimplementasikan teknik penyembunyian pesan yang tahan terhadap Stegdetect (program yang bisa mendeteksi keberadaan sebuah pesan dalam gambar berformat .jpg). Program ini dirancang oleh Stefan Hetzl untuk menyembunyikan beragam file dalam format gambar dan audio. Program ini mengimplementasikan stegosystem yang tahan terhadap serangan first order statistical test. 

Steghide dibangun sebagai open source oleh karena itu dapat secara bebas dimodifikasi dan didistribusikan di bawah GNU General Public Licence. Dengan demikian Steghide berpotensi untuk terus dikembangkan oleh siapa saja. Saat ini Steghide telah mencapai versi 0.5.1 dan dapat diperoleh melalui http://steghide.sourceforge.net/. Steghide telah dapat dijalankan pada sistem operasi Unix dan Windows.

Untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan aplikasi Steghide, silahkan baca postingan saya mengenai Contoh dan Cara Menggunakan Aplikasi Steganografi.

Fitur-Fitur Steghide

  • Mengkompresi data yang disembunyikan
  • Mengenkripsi data yang disembunyikan
  • Mendukung arsip berformat JPEG, BMP, WAV, dan AU
  • Melakukan checksum

Dibanding dengan kakas steganografi yang telah ada seperti jsteg ataupun MP3stego, fitur yang dimiliki Steghide lebih banyak. Akan tetapi Steghide belum memiliki GUI dan masih dijalankan melalui command prompt.

Sumber : https://3dadu.wordpress.com/2012/01/02/aplikasi-steganografi/ (Diakses 17 April 2015)

0 komentar: