Wednesday, February 4, 2015

Cabling System

Standard
Gambar 1. Struktur Pengkabelan
Dalam jaringan komputer, lapisan paling bawah dari 7 Model OSI Layer adalah Physical Layer. Nah, pada physical layer tersebut terdapat struktur pengkabelan (cabling system). Struktur pengkabelan ini memberikan keuntungan yang kompetitif.

Cabling system merupakan pondasi utama dari sebuah Informasi Teknologi (IT) yang sukses dan jaringan gedung cerdas (Intelligent Building Networks).

Struktur pengkabelan adalah investasi dasar di mana semua peralatan jaringan lainnya tergantung. Kebanyakan peralatan jaringan terhubung satu sama lain menggunakan kabel. Walaupun ada zaman sekarang ini memang telah banyak ditemukan teknologi jaringan tanpa kabel (wireless), akan tetapi kabel masih tetap digunakan.

Dalam membangun sebuah jaringan komputer, pengkabelan ini hanya memakan biaya kurang dari 3-5% dari total seluruh biaya pembangunan jaringan. Akan tetapi, pengkabelan menyumbang sekitar 70% dari permasalahan jaringan.

Disamping kelemahannya tersebut, pengkabelan memiliki keunggulan di segi ketahanan dibandingkan dengan infrastruktur jaringan lainnya seperti software yang hanya bisa bertahan 1,5 tahun karena software tiap sebentar selalu berkembang (update). Sistem pengkabelan (cabling system) memiliki daya tahan antara 15 - 25 tahun.

*...

0 komentar: